Seperti janji gua di tulisan gua sebelumnya (Review Monster University), gua bakal ngasih tau apa bedanya Prekuel dengan Sekuel. Yang sering nonton film pasti sering denger istilah ini, buat yang udah tau silahkan skip, buat yang belom tau silahkan skip juga #eh.

Gua pernah baca disalah satu postingan facebook entah siapa yang mosting gua lupa. Dia bilang begini “Manteb juga nih film Sekuel dari Da Vinci Code” film yang dimaksud adalah “Angel and Demons”. Padahal sampe nenek gua jadi muda lagi, terus tua lagi, terus muda lagi sampe 4 kali bolak-balik, tuh film (Angel and Demons) nggak bakalan jadi sekuelnya Da Vinci Code. Kenapa? karena yang namanya Sekuel adalah kategori film,cerita yang mengambil masa Setelah film/cerita pertamanya berakhir dan saling terkait. Sedangkan Da Vinci Code dan Angel and Demons nggak ada keterkaitan sama sekali dari sisi jalan cerita kecuali,tokoh utamanya; Robert Langdon. Terus kalo bukan sekuel apa dong istilahnya? ya nggak ada istilahnya, kalo mau dikasih istilah bisa disebut “Kelanjutan Kisah Robert Langdon” bukan “Sekuel dari Da Vinci Code”.

Star Wars adalah salah satu contoh penggunaan “Sekuel” dan “Prekuel” yang tepat. Antara satu film dengan film sesudahnya/sebelumnya punya keterkaitan cerita. Misalnya si Anak di film 1 masih kecil dan di film berikutnya dia sudah remaja, difilm berikutnya dia sudah tua dst. Mungkin sama seperti Toy Story, Twilight, The Mummy, God Father, Harry Potter, Transformer dan sodara-sodaranya.

Sedangkan untuk Prekuel adalah kebalikan dari Sekuel, yaitu kategori film,cerita yang mengambil masa Sebelum film/cerita pertamanya dan saling terkait. Misalnya; Monster University adalah prekuel dari Monster Inc. dimana Monster Inc dibuat lebih dulu (2001) dimana tokoh utamanya udah gede dan udah kerja dan Monster University (yang merupakan prekuelnya) adalah kisah sebelum si tokoh utama bekerja dan masih di universitas. Begitu juga dengan Star Wars, The Hobbit (Prekuel dari LOTR)

Selain dua istilah itu ada juga yang namanya Spin-off. Apaan tuh? Film dengan kategori spin off terjadi ketika sebuah karakter dalam film menjadi sedemikian menonjol sehingga produser merasa perlu menjadikannya film tersendiri. Misalnya ; Film X-Men yang bikin Spin off nya X-Men Origins;Wolverines atau The Mummy Returns yang bikin Spin off berupa The Scorpions king.

Udah itu doang? nggak-lah masih ada lagi yang namanya Remake; remake itu istilah untuk film yang dibuat ulang berdasarkan film lama atau novel atao komik  yang sama jalan dan alur cerita juga tokohnya. Dan nggak harus make judul asli dari sumber-nya. Misalnya; The Departed yang diambil dari film Hong Kong yang berjudulInternal Affairs atau Ocean Eleven (1960) yang di-remake tahun 2001.

Nah, adalagi yang namanya Reebot. Ya hampir sama istilahnya ama istilah reboot yang ada di PC, Laptop ato gadget-gadget jaman sekarang. Tapi istilah Reboot untuk film masih saru sama remake, bedanya dengan remake, reboot adalah film yang dibuat ulang tanpa ngilangin inti cerita tapi alur cerita bebas (nggak harus sama dengan sumber)biasanya cuma penguatan karakter para pemerannya dan film rebootbiasanya melakukan penelaahan atau penelusuran lebih dalam dari cerita yang ada di film yang sebelumnya. Reboot juga biasanya dilakukan untuk menghidupkan lagi tokoh atau karakter atau cerita yang udah jadul karena nggak ada perkembangan baru dalam cerita nya. Misalnya; Conan the Barbarian (1982) yang di-reboot di tahun 2011 dan The Punisher (1989) yang di-reboot tahun 2004.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s