Sebenernya sih ini bukan lanjutan dari tulisan gua yang dulu (Aduh Bang Jangan ‘Digoyang’). Tapi, berhubung ada banyak temen yang mendebat tulisan tersebut dan finally ada yang komen karena (mungkin) kontra dengan tulisan gua itu, yang mana kalo gua jawab di kolom komentarnya bakal kepanjangan. Jadi, gua bikin lah tulisan ini.

Buat gua sendiri, hal kayak gini emang nggak menarik-menarik banget buat di bahas; perkara ‘goyang-goyangin’ mobil pas ngisi bensin. Tapi, nggak tau kenapa, tetep gua bahas. Jadi, begini; konsep fisika mengenai benda cair yang bakal memenuhi dan mengikuti wadahnya adalah sesuatu yang konkret, kalo lu nggak percaya hukum fisika, anggaplah ini opini gua pribadi.

Nah, ditulisan gua seblumnya ada yang berkomentar begini:

Achyadi, sebenarnya saya, jujur saja, sering menggoyang2an Mobil Toyota Innova produksi tahun 2012 waktu isi Solar / Biosolar. Berbeda dengan Tangki Mobil Isuzu Panther yang kalau sudah penuh ya penuh, Saya harus menggoyang2kan Mobil Innova setelah nozzle pom bensin “lepas”. Menurut Costumer Service Auto2000, semua itu karena “selangnya” panjang dan banyaknya sekat pada tangki BBM Toyota Innova karena itulah selang pengisian BBM selalu turun sedikit2. Si Custumer Service Auto2000 pernah bilang kalau sebenarnya BBM nya masih bisa masuk sampai 8 – 10 Liter Solar. Mungkin anda punya masukan dan saran untuk hal ini?

No offense. Tapi jujur aja, pas baca komentar dari bang adrianyohanesp diatas, gua ngerasa lucu dan ketawa sendiri dalem hati. Ini antara pengetahuan fisika si Customer service Auto2000 nggak mumpuni atau si bang adrianyohanesp sendiri yang terlalu percaya dengan perkataan Customer service Auto2000.

Gua mengutip kembali potongan komentar tersebut:

Menurut Costumer Service Auto2000, semua itu karena “selangnya” panjang dan banyaknya sekat pada tangki BBM Toyota Innova karena itulah selang pengisian BBM selalu turun sedikit2

Dalam hukum fisika, benda cair memiliki partikel yang bebas, bergerak nggak beraturan dan saling mengisi. Jadi, sebanyak apapun sekat yang ada, asal masih ada celah/ruang, maka benda cair akan bergerak dan mengisi ruang yang kosong. Apalagi dalam hal ini, benda cair (Solar atau Bensin) tersebut berasal dari tempat yang lebih tinggi. Begitu juga dengan panjang ‘selang’ yang menjadi perantara tempat mengalirnya bensin/solar menuju ke dalam tangki. Sepanjang apapun ‘selang’-nya atau se-rumit apapun pola perjalanan selang tersebut asal mendapat dorongan (dari nozzle pompa bensin) dan ditambah bentuknya yang menurun kebawah, bensin/solar pasti akan bergerak dan mengisi ruang yang kosong.

Nah, sebelumnya mari kita samakan persepsi terlebih dahulu, agar bisa lebih memahami penerapan konsep hukum fisika terhadap benda cair, dalam hal ini bensin/solar.

Diagram sederhana tangki bensin

Tangki bensin kendaraan (mobil) terbagi dalam banyak part. Tapi, dalam hal ini kita akan membaginya dalam dua part besar; Fuel Inlet Hose dan Tank (dimana didalamnya terdapat sekat-sekat). Fuel Inlet Hose merupakan ‘selang’ yang mengantarkan bensin dari bibir nozzel pompa bensin kedalam tangki. Biasanya panjang dan bentuknya berbeda-beda tergantung jenis dan type kendaraan, namun secara general dan sederhana, bentuknya seperti gambar yang gua attach diatas.

Nah persepsi yang perlu kita samakan disini adalah mengenai istilah ‘Fuel Tank’. Buat gua secara pribadi dan perancang tangki bahan bakar kendaraan adalah: “Mengisi bahan bakar (Solar, bensin dll) sampai tangki terisi penuh”. Kata Tangki sengaja gua beri penebalan karena istilah ‘Fuel Tank’ bukanlah mengisi bahan bakar sampai tangki dan Fuel Inlet Hose (atau selang) terisi penuh. Jadi, kalo berniat mengisi Fuel Tank, pastikan saja tangki sudah terisi penuh, indikator-nya jelas bukan dari Fuel Inlet Hose atau selang. Fuel Inlet Hose hanya merupakan jalan masuk bahan bakar kedalam tangki.

So, masukan gua untuk bang adrianyohanesp adalah; Tetap semangat belajar fisika!

 

 

Leave a Reply

