Satu lagi film dengan tema ‘rasial’ yang muncul setelah 42, Selma dan 12 Years of Slave. So far, film yang mengangkat tema serupa selalu mendapat rating diatas rata-rata. Namun, kali ini ‘Get Out’ muncul dengan konsep yang sedikit berbeda. Mengusung kategori horor-misteri, bisa jadi Get Out merupakan film ber-tema rasial pertama dan satu-satunya yang memiliki kategori horor-misteri.

Image source: https://vimeo.com/

Get Out bercerita tentang Chris Washington (Daniel Kaluuya) seorang fotografer pria berkulit hitam yang berpacaran dengan gadis kulit putih bernama Rose Armitage (Allison Williams) . Setelah empat bulan berpacaran, si Rose akhirnya berniat mengajak Chris untuk berkunjung ke rumah orangtuanya Rose. Chris yang awalnya khawatir karena takut mendapat penolakan rasis dari keluarga Rose, akhirnya berhasil dibujuk dan diyakinkan oleh Rose, bahwa keluarga-nya bakal menerima Chris apa adanya.

Chris dan Rose pun melakukan perjalanan ke kediaman keluarga Rose yang terletak ‘sedikit’ dipedalaman, dan ternyata Keluarga Armitage merupakan keluarga yang cukup kaya dengan tampilan rumah megah yang menawan. Nggak disangka keluarga Armitage; Missy; ibunya Rose yang seorang psikiater, Dean; bapaknya Rose, seorang dokter bedah syaraf dan Jeremy; adiknya, ternyata sangat ramah dan welcome terhadap Chris. Namun, dibalik kekayaan dan keramahan keluarga Armitage,Chris menemukan banyak keganjilan didalam rumah tersebut. Hal paling aneh yang ditemukan oleh Chris adalah perilaku para asisten rumah tangga yang sama-sama berkulit hitam.

Puncaknya, saat jamuan pesta makan malam, para kerabat dan saudara keluarga Armitage datang berkumpul. Chris berkenalan dengan pria berkulit hitam bernama Logan yang memiliki gerak-gerik dan perilaku yang aneh. Diam-diam Chris berkonsultasi dengan Rod; temannya melalui telepon mengenai keanehan-keanehan ini. Rod, yang dikirimi foto logan lalu berusaha mencari tahu dan ternyata Logan bukanlah nama aslinya. Dia sempat diberitakan hilang 6 bulan yang lalu. Rod, bahkan berkesimpulan kalau Logan telah dicuci otaknya lalu dijadikan budak seks.

Apakah asumsi Rod benar? sisa ceritanya silahkan ditonton sendiri.

Daniel Kaluuya yang sebelumnya pernah sukses dengan film Sicario dan Kick-Ass 2 punya akting yang lumayan oke punya. Si Allison Williams yang jadi lawan mainnya pun punya greget yang cukup buat menandingi kualitas si Daniel. Justru yang menarik perhatian gua bukanlah dua tokoh utama tersebut, melainkan akting Betty Gabriel yang berperan sebagai Georgina sang asisten rumah tangga dan Lakeith Stanfield (Logan). Yang berhasil banget membawa suasana ‘misterius’ kepada penonton lewat aktingnya.

Seperti yang udah gua bahas di paragraf awal; bisa jadi Get Out merupakan film ber-tema rasial pertama dan satu-satunya yang memiliki kategori horor-misteri (cmiiw). Yang bikin film ini lebih berkesan adalah si sutradara; Jordan Peele melakukan debutnya sebagai sutradara di film ini. Jalan cerita-nya tergolong standar untuk urusan film horor-misteri. Tapi, jalan cerita yang standar dibungkus dengan konsep yang menawan dan diiringi scoring musik juga sinematografi yang ciamik bikin nih film layak banget diacungi dua jempol. Plotnya dibuat sangat lambat diawal film, bikin kita sebagai penonton harus sedikit bersabar untuk mencapai klimaks. Sayangnya, saat sudah mencapai klimaks plot-nya malah drop dan bergerak sangat cepat hingga mencapai ending.

Overall, nih film sangat layak tonton. Jangan di tonton bareng anak-anak karena ada beberapa scene yang memperlihatkan adegan pembunuhan yang cukup bloody.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s