Banyak alesan kenapa akhirnya seseorang memutuskan untuk blogging. Ada yang awalnya coba-coba, ada juga yang gegara tugas kuliah, yang nge-blog karena eksistensi pun banyak dan masih segunung alasan lain (bahkan dengan alasan remeh sekalipun) yang bikin orang akhirnya memutuskan untuk nge-blog. Tapi, terlalu buang-buang waktu sepertinya untuk menjabarkan remeh-temeh perkara alasan orang memulai sebuah blog. So, mungkin kita gua akan bahas alasan yang masuk dilogika gua akal dan bisa dipertanggung-jawabkan. Here we go!

Buat yang udah nge-blog mungkin ada salah satu alasan kenapa lu mulai, buat yang belom nge-blog mungkin yang bakal gua tulis ini bisa jadi bahan pertimbangan untuk memulai.

#1 Blogging for Entertainment and Fun

Ini tipe (alasan) pertama. Kayak yang udah gua tulis diawal, ada banyak orang yang awalnya iseng-iseng, coba-coba dan akhirnya ketagihan. Dan biasanya tipe-tipe yang seperti ini konten blog-nya pun nggak terlalu jauh sama yang namanya Entertainment, misalnya; Jokes, humor, easy artikel, movie, quotes kocak dan bahkan ada yang konten-nya penuh dengan meme. Biasanya (lagi) blogger tipe kayak gini punya persentase terbesar dari total alasan orang nge-blog.

#2 Blogging for Networking and Exposure

Nah untuk tipe (alasan) kedua ini udah mulai agak (sedikit) serius. Blogger yang masuk kedalam tipe ini, punya planning yang sedikit terarah dan serius. Banyak dari mereka yang sudah menggunakan domain premium walau masih tetap menggunakan hosting gratis kayak wordpress atau Blogger. Biasanya melalui blog, mereka dapat membangun keahlian dan memperluas jangkauan online mereka. Blogging memberi mereka kesempatan untuk mengekspos konten mereka ke khalayak yang lebih luas, yang tentu saja bisa bikin peluang dalam bisnis dan karir.

Misalnya, seorang fotografer bikin sebuah blog untuk mendapatkan lebih banyak ekspos atas pekerjaan dan keterampilannya, yang bisa mendatangkan klien baru. Atau, seorang karyawan finance di sebuah perusahaan besar mungkin akan bikin blog biar bisa terhubung dengan teman sebaya atau seprofesi di luar perusahaannya.

#3 Blogging for Business or a Cause

Nah ini lebih serius lagi daripada tipe (alasan) sebelumnya. Untuk tipe ini dibuat untuk mendukung urusan bisnis, berbagi informasi, membangun brand awarness dan memperluas jangkauan merek. Kontennya kebanyakan berisi promosi produk, layanan masyarakat (bahkan presiden Indonesia pun punya blog). Syarat utama dari blog tipe kayak gini adalah blog harus berada dalam lingkup si pemilik bisnis atau organisasi, misalnya blog dari http://presidenri.go.id berada di alamat http://presidenri.go.id/blog, jadi secara organsasi terpisah namun dalam hirarki masih dibawah payung yang sama.

#4 Blogging for Journalism

Di salah satu stasiun TV swasta di Indonesia punya program yang berkonsep ‘citizen journalism’. Nah, tipe (alasan) yang ke empat ini pun sama persis dengan konsep acara TV yang gua tulis barusan. Jadi, orang memulai blog dan bertindak sebagai “citizen journalists”, mereka nulis tentang berita lokal, regional, nasional, atau bahkan global dengan tujuan berbagi informasi yang layak untuk khalayak ramai. Blog tipe kayak gini udah menjamur banget di Indonesia, biasanya di pake buat mem-viralkan atau menciptakan berita hoax juga isu isu sensitif, apalagi pas musim-musim pilkada, pilpres dan moment ‘genting’ kayak sekarang ini. Di Indonesia, juarang banget ada blogger dengan tipe seperti ini yang sukses (baca: populer tanpa  mem-viralkan berita hoax juga isu isu sensitif), kalo mau sukses nge-blog di kancah kayak gini sebisa mungkin fokus pada topik yang sempit jangan semua berita di embat publish.

#5 Blogging for Education

Ini tipe (alasan) yang terakhir dan yang paling mulia. Biasanya diawali dengan konten berisi deskripsi istilah-istilah asing yang masih dalam konteks pembahasan blog-nya, misanya; istilah BSOD (Blue screen of death) di dunia komputer, atau istilah ‘Cliping mask’ di dunia desain, lalu diselingi dengan tutorial-tutorial yang lebih spesifik lagi. Tipe (alasan) seperti ini menurut gua adalah yang paling ‘basah’ diantara yang lain, peluang ‘blogging lalu dapet uang’ sangat besar di tipe seperti ini, karena tipe seperti ini sangat ramah sekali dengan search engine dan mudah buanget di populerkan. Tapi, siap-siap aja kalo mau terjun jadi blogger dengan alasan ini, karena saingannya juga banyak.

Ya kira-kira begitulah para kuru. Seiring internet dan teknologi semakin mendarah daging dalam kehidupan kita, manfaat yang ada didalamya juga semakin nggak bisa kita abaikan. Tapi, harap dipilah-pilih untuk ambil hal-hal yang baik dan simpan jauhkan yang buruk.  Salah satu hal baik di dunia Internet yang bisa dipraktekkan langsung, ya dengan cara blogging (dengan konten syariah positif), sekarang nggak perlu jadi sarjana IT atau pakar HTML kok untuk mulai nge-blog. Tinggal searching “Tutorial blogging” di google, ikuti petunjuknya (tau kan kenapa teori #5 blogging for education populer?) dan wala… blogging is on its way..

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s